Pages

Wednesday, July 11, 2012

10 Tips Cegah Mabuk Udara

Sudah pesan tiket untuk mudik? Ya, tinggal menghitung hari, kita sudah memasuki bulan puasa, dan tak lama lagi, Lebaran pun datang. Saatnya terbang pulang ke kampung halaman...
Pasalnya, kesenangan ini bisa berubah jadi horor bila Anda mabuk udara. Oleh karena itu berikut kami bagikan tips pencegahannya.

1. Makan jahe atau peppermint dalam bentuk suplemen, teh, atau permen sebelum dan selama terbang (jika merasa mulai mabuk saja) bisa membantu. Alternatif lain adalah taruh setengah biji pala di bawah lidah begitu Anda mulai merasa mual karena pala memiliki efek menstabilkan, dan menempatkannya di bawah lidah bisa membuat khasiatnya cepat meresap melalui pembuluh darah.

2. Tahan posisi duduk tetap tegak.

3. Hindari makanan berlemak, pedas, berbumbu, atau yang banyak minyak beberapa jam sebelum terbang. Minum banyak air dan makanlah sesuatu yang ringan seperli kraker atau salad porsi kecil. Pilih juga makanan yang mudah dicerna.

4. Hindari membaca dan duduklah menghadap depan (searah dengan lajunya pesawat).

5. Duduk di dekat sayap juga bisa membantu karena posisi ini paling stabil dalam pesawat.

6. Minum obat anti mabuk sesuai saran dokter.

7. Kenakan pakaian longgar yang nyaman agar tak memperburuk mual yang dirasa.

8. Alkohol dan rokok jelas memperburuk, jadi hindari keduanya beberapa jam sebelum terbang.

9. Bernafas dalam-dalam melalui mulut juga bisa membantu menenangkan sistem tubuh.

10. Terakhir, pikirkan/ bicarakan hal-hal positif untuk mengalihkan perhatian. Bila sendirian, Anda bisa mendengarkan lagu yang membuat tenang.

 Akhirnya, selamat mudik! :D

share

No comments:

Post a Comment